Senin, 13 Mei 2013

RUBIK

        hai . . . gw kali ini akan berbagi pengetahuan sedikit tentang salah satu hobi gw.RUBIK.

 ya,rubik adalah salahsatu hobi gw selain sepak bola secara gw kan laki bukan homo.(jiwa laki bukan pengecut)jiah iklan dah gw.0_0
  
.....   gw mulai dari mana yak.?   .....
oke.saat itu kalo gak salah gw maseh kelas satu SMA (Sekolah Menengah Akhir)dulu gak tw sekarang dah ganti nama kali jadi sekolah menengah alay atau apalah,pada saat itu gw sedikit merasa penasaran sama benda yang satu ini(masih sedikit boy),kotak-kotak warna-warni gitu ada sedikit ketertarikan untuk tahu cara menyelesaikannya, gw mulai dengan membeli sebuah rubik yang harga nya 10 ribu boy. gw lupa tuh beli nya dimana seinget gw tuh rubik buat gerakin puterannya aja setengah mati sampe lecet-lecet dah tuh kuku gw.gw waktu itu belum kepikiran buat beli buku tentang rubik so gw belajar intuitif sendiri,
putar........puter......10 menit kemudian...

putar........puter..............30 menit
putAAAR.........pUTEEEER...LEMPARRRRRRR!!!!!!!!!!
perasaan kesel bercampur dengan kepala gw yang mulai panas ngutak-atik tu benda.
dan beberapa hari kemudian gw coba terus dan terus,esok hari nya...
esok harinya dan akhirnya..
      pada suatu saat,gw lagi nonton tv gw liat acara di RCTXXX.gw lupa nama acaranya. yang gw inget di acara ntuh ada anak kecil umur 9 tahun atw brapa lupa juga,nunjukin kehebatannya menyelesaikan rubik dengan waktu dibawah 1 menit.wah begitu tercengang gw liat hal itu.yang ada di kepala gw saat itu cuma,kenapa,mengapa,bagaimana? itu anak ingusan bisa nyelesein rubik sedangkan gw?hah
dan pada suatu ketika gw liat ada  acara juga di RCTXXX.kali ini nampilin om dedi cobuizer(gimana tulisannya yg bener gk tw gw) di acara itu om dedi nantangin seluruh master yang ada di indonesia seperti master catur dll.dan salah satu master rubik indonesia pada saat itu,om Abel Brata ditantang buat nyelesein rubik dengan mata tertutup.kali ini gw lebih tercengang lagi,,what! blindfolded solving sontak hal ini membuat semangatku kembali membara untuk belajar rubik.
esok harinya gw belajar lagi....dan
lusa harinya gw juga masih belajar,,,,,,,,,,
dan  akhirnya entah sudah berapakali esok hari sejak hari pertama gw akhirnya bisa menyelesaikan.

           ya dengan bangga gw udah bisa menyelesaikan rubik (1 lapis/ 1 warna)WTF
tapi untuk ukuran gw saat itu itu merupakan prestasi yang sangat baik dan begitu membanggakan.otodidak boy!haha ngaco dah
dan esok harinya pada saat disekolah gw pun bisa mamerin sama temen-temen kehebatan gw itu(LOL).dan sekolah gw pun buming sama yang namanya rubik so gw pun jadi trading topic di sekolah gw,HAHAHA...(keluar deh sifat gw)
hari-hari gw dengan rubik pada saat itu gw lalui dengan maen cepet-cepetan nyeleseiin rubik walaupun cuma satu warna dan cuma pake rubik gw,karena cuma gw yang punya waktu itu^_^ (parah)...
         libur sekolah tiba,seperti biasa gw sama mamah gw (gw biasa panggil mamah) setiap dua tahun sekali kami pulang kampung ke kota asal mamah gw,tepatnya di kota Kuningan,bagian dari provinsi.Bandung. Eh Jawa Barat maksudnya..
         bicara soal bandung pasti bakalan bicara soal makanan,nah begitupun dengan kota kecil tempat mimih(sebuah panggilan buat nenek) gw tinggal ini
juga memiliki makanan yang khas yaitu gemblong(sejenis keripik gitu tapi enak hehe) dan hucap tahu(ketupat+tahu+bumbu kacang,diaduk-aduk kemudian jadilah ^_^) dan bicara tentang nenek,gw jadi inget soal kebiasaan/hobi nenek gw.yaitu membuat sampe'(makanan yang terbuat dari tepung beras dan isinya kelapa+gula merah dan di bungkus dengan daun pisang baru kemudian dikukus dan di makan kalo udah mateng) menariknya.waktu nenek gw mau buat sampe' anak-anak nya pada protes"kenapa buat sampe' mih,ntar mana ada yang mau makan yang begituan"semua pada bilang gitu dan aneh nya pas itu sampe udah jadi dan siap di hidangkan gak beberapa lama hilang dari peradaban tuh sampe' ntah kenapa?-__-
        ehm balik lagi ke topik,waduh sampe mana tadi lupa gw?-___-
ya waktu itu gw mau liburan pulang kampung mamah gw.saat diperjalanan gw masih aja berusaha buat menyelesaikan kubus warna-warni tsb.beberapa hari setelah gw sampe di sana,akhirnya gw berinisiatif buat nyari buku rubikdi toko buku.
         muter.......muter......muter lagi.... gak ketemu2... gw keluar dari toko buku dengan muka cemberut.dan otak gw baru respon sama kejadian itu.kenapa gw gak nanya sama kk2 penjaga toko buku nya yak? wkwkwk LOL keburu kesel gw langsung pulang,
esok harinya gw kembali lagi ke toko buku tsb.dan gw muter-muter dikit tetep gak ketemu akhirnya gw nanya sama mbak nya."mbak bla-bla__ada gak"? oh bentar ya adx cakep mbak cari dulu yah ^_^ senyumm. (serius emang gt kejadiannya gw gak bo'ong):p.
  aneh bin ajaib kira-kira mata gw baru aja berkedip 5 kali,mbak itu udah dateng lagi dengan buku permintaan gw.. taraaaaaaaaaaaaaa akhirnya gw punya bukunya juga.(Tip&Trik jago maen rubik)


 yang di samping ini adalah buku rubik pertama dan terakhir yang gw punya,soalnya yang lain gw minjem+fotocopy dikit aje kalo banyak kena denda ntar :p.
Akhirnya gw pulang kerumah dengan perasaan bahagia karena gw baru aja membeli buku kunci sukses mencapai cita-cita gw waktu itu.
dengan semangat 45 gw buka itu gw baca mulai dari awal yaitu sejarah tentang rubik,sekalian aja gw ceritain asal muasal rubik disini ya,,, oke? setuju? anda setuju?
penonton: ya setuju!!!!!!
gw: saya enggak :p ..
oke kita mulai.......
rubik ditemukan pada tahun 1974 oleh Profesor.Erno Rubik,
seorang arsitek dan pemahat asal hungaria,di tempat asalnya kubus ini memiliki nama buvos kocka.mulai tahun 1980 kubus ini laris manis di negara asalnya.dan atas permintaan distributor namanyapun berganti menjadi rubik's cube dan di jual ke berbagai belahan dunia.dan akhirnya rubik memberikan sensasi yang berdampak sensasi internasional.setiap orang ingin memilikinya.demam ini menginfeksi anak maupun dewasa tidak mengenal batasan umur.hingga pada tahun 1982 saja,lebih dari 100 juta buah rubik's cube terjual.dan seketika itupun prof.Erno Rubik menjadi millionaire.
        satu demi satu kompetisi lokal di adakan untuk berlomba menyelesaikan rubik,diantaranya American Rubik's Cube Championship(nov 1981),United Kingdom Rubik's Cube Championship(des 1981)dll.Puncaknya pada juni 1982 untuk pertama kalinya diselenggarakan Rubik's Cube WorldChampionship di budapest.dimana orang2 dari berbagai bangsa di pertemukan oleh rubik.kejuaraan ini di menangkan oleh seorang pelajar vietnam berumur 16 tahun dari Los Angeles,Minh Thai,dengan catatan waktu 22,95 detik.dan hal ini terus berkembang sampai saat ini rubik telah menjamah indonesia dan telah beberapakali menghasilkan beberapa prestasi,
                                                  salah satu nya yang di lakukan oleh om Iril khairul
anam. dimana dia berhasil memecahkan rekor dunia pada saat itu di kategori menyelesaikan rubik sebanyak-banyaknya dengan mata tertutup.(blindfolded solving) om Iril berhasil menyelesaikan 15 rubik kurang dari satu jam dengan mata tertutup.mengalah kan seniornya om Wicaksono Adi. yang sebelum nya memegang second world record,dengan menyelesaikan rubik tanpa melihat kurang dari satu jam. dan juga prestasi-prestasi lainnya yang di lakukan cuber lain yg juga patut untuk di apresiasi.
 okeh ... balik lagi ke topik kita tadi...............
akhirnya dengan semangat 45 gw belajar dengan sungguh2,baris demi baris gw baca itu buku,,, seluruhnya gw baca... dan akhirnya ketemu pada pembahasan yaitu menyelesaikan rubik dalam tujuh langkah.yang pertama saya belajar sistem pembuatan cross putih di atas.kemudian menyelesaikan lapis pertama,, tapi disini gw agak mengalami kesulitan.karena posisi warna rubik gw dengan rubik yang ada di buku gak sama,akhirnya gw berinisiatif buat mencongkel sticker warna yang ada dan disesuaikan dengan posisi yang ada di buku..yah cara ini terbilang efektif sehingga saya tidak terlalu kesulitan untuk mengikuti instruksi yang ada di buku..+/- 9 jam dari siang sampe malem.akhirnya gw bisa menyelesaikan rubik.
suasana penuh haru pun menyelimuti hati gw,gw dengan sepupu2 gw pun berpelukan seperti tak percaya dengan apa yang terjadi.akhirnya setelah menunggu lama saya bisa menyelesaikan rubik? ohhhhh (lebay dramatis boy)wkwk.dan setelah liburan panjang gw pun kembali bersekolah dan kembali menyebarkan virus rubik,,,, dan sekolah gw pun kembali buming dengan yang namanya rubik.ehm mungkin cuma itu aja yang bisa gw ceritain bagaimana kisah awal pertemuan gw dengan rubik.untuk kisah perjuangan gw yang lainya dengan rubik bakal gw ceritain lain waktu,so tongkrongin terus blog gw,okeh Boy terimakasih____ ^_^


     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar